Senin, 13 Oktober 2014

Sisa air cucian untuk menyiram tanaman

Sisa air cucian dalam kegiatan sehari-hari ternyata banyak yang masih dapat kita manfaatkan. Sambil menghemat pemakaian air kita juga dapat berperan dalam pelestarian air yang semakin langka, lebih-lebih dikala musim kemarau panjang. Berikut adalah ulasannnya.

Air Cucian Masakan

Mencuci buah dan sayuran menghasilkan air sisa yang masih layak untuk dimanfaatkan menyiram tanaman. Buah dan sayuran dicuci di dalam baskom sekitar 2 sampai 3 kali penggantian air. Kemudian pencucian terakhir dengan air mengalir dengan menampung airnya ke dalam baskom juga. Nah, seluruh sisa cucian tersebut dapat kita gunakan kembali untuk menyiram tanaman.

Air Cucian Beras

Biasanya kita mencuci beras dengan 2 sampai 3 bilasan dimana air bilasan bisa ditampung ke dalam ember dan dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman. Beberapa tanaman akan tumbuh baik dengan siraman air sisa cucian beras seperti tanaman buah-buahan. Air sisa cucian beras juga baik untuk diminumkan pada beberapa binatang ternak seperti ayam dan mamalia lainnya.

Air Cucian Pakaian

Kalau kita ingin mencuci pakaian biasanya kita lakukan perendaman dan pencucian tahap pertama tanpa sabun cuci. Nah, air sisa cucian ini aman kita gunakan untuk menyiram tanaman karena masih bebas zat kimia dari sabun cuci.

Air Cucian Piring Kotor

Manfaatkanlah air sisa cucian piring kotor untuk menyiram tanaman. Disini yang penting air sisa cucian adalah cucian pertama tanpa sabun pasti masih aman untuk pertumbuhan tanaman bahkan bisa menyuburkan.

Demikianlah tips memanfaatkan beberapa air sisa cucian untuk menyiram tanaman. Semoga dapat bermanfaat bagi kita dan lingkungan kita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar